beritadunesia-logo

Taman Purbakala Ki Gede Ing Suro

 Palembang merupakan kota dimana kerajaan Sriwijaya tumbuh dan berkembang pesat. Banyak obyek wisata yang menunjukkan bekas kejayaan kerajaan maritim ini. Namun setelah melewati era keemasan, kerajaan Sriwijaya runtuh dan berganti dengan era Kasultanan Palembang Darussalam. Perubahan ini bisa dilihat dari beberapa obyek wisata yang memperlihatkan kepemimpinan Kasultanan Palembang Darussalam.

Masa ini merupakan penggabungan kebudayaan maritim peninggalan Sriwijaya dan budaya agraris Majapahit. Palembang kemudian berkembang menjadi pusat perdagangan yang paling besar di Semenanjung Malaka. Salah satu tokoh penting hadirnya Kesultanan Palembang Darussalam adalah Ki Gede Ing Suro. Setelah wafat pada tahun 1587, beliau dikebumikan di daerah Kelurahan 3 Ilir. Setelah Ki Gede Ing Suro kemudian berturut-turut para pembesar Demak dan keluarga turut dimakamkan di area tersebut.

Hingga saat ini total ada 38 makam yang berada di kompleks pemakaman Islam dari pertengahan abad ke 16 itu. Kompleks ini kemudian dikenal dengan nama Taman Purbakala Ki Gede Ing Suro. Jika Anda termasuk orang yang ingin memperkaya pengetahuan soal sejarah di Indonesia Anda wajib mengunjungi obyek wisata ini.

Kawasan bersejarah ini berupa bangunan fondasi yang terdiri dari tiga bangunan utama. Bangunan pertama memiliki luas 54 meter persegi dengan tinggi 1,2 meter. Bangunan kedua memiliki ukuran 8,45 meter x 5 meter. Di area ini terdapat tiga makam, dua makam di sisi utara dan satu makam di sisi selatan. Jirat makam di sisi selatan berbentuk persegi panjang. Nisan-nisan pada makam ini terbuat dari batu andesit sedangkan puncaknya berbentuk kurawal dengan ujung meruncing.

Bangunan ketiga adalah yang terbesar, memiliki ukuran 8,75 meter x 9 meter. Memiliki teras berukuran 12,5 meter x 11,5 meter serta terdapat hiasan bangunan utama berupa ukiran bunga. Pada bagian teras terdapat pula hiasan berupa sulur kemudian di atas bangunan ada tiga nisan makam yang bentuknya sama dengan bangunan kedua.

Setelah menyaksikan peninggalan sejarah Kota Palembang, Anda bisa tahu bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang tak ternilai, baik itu nilai historis maupun kekayaan alamnya. Taman Purbakala Ki Gede Ing Suro mudah diakses, Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Obyek wisata sejarah lainnya yang bisa dikunjungi antara lain Bukit Siguntang, Situs Karanganyar dan Candi Bumi Ayu.

Anda bisa menginap di hotel Novotel Palembang Hotel, Hotel Aryaduta Palembang, Hotel Belvena Mangkunegara, Best Skip Hotel, Grand Zuri Hotel.

Lokasi Taman Purbakala Ki Gede Ing Suro di Kecamatan 3 Ilir